Taruna-Taruna SPBN Mengikuti Vaksinasi COVID-19

Pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini, penanganan dan pencegahan terus dilakukan pemerintah bersama-sama masyarakat. Pencegahan penularan sudah gencar dilakukan, dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di semua sektor termasuk di rumah sendiri.

Saat ini pemerintah berusaha menekan penyebaran virus covid-19, dengan cara program vaksinasi covid-19. Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19. Hingga saat ini sudah lebih 10 Juta penduduk Indonesia yang sudah di vaksin, termasuk Taruna-Taruni, Staf Pengajar SMK Penerbangan Bakti Nusantara Bekasi (SPBN Tambun) ikut serta didalamnya.

Taruna-taruni SPBN mengikuti Program Vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan sekolah pada Kamis 2 September 2020 berlokasi di Kampus SMK Penerbangan Bakti Nusantara Bekasi (SPBN Tambun), Tim Kesehatan Vaksinasi dari Puskesmas Tridaya Tambun Kabupaten Bekasi.

Dalam rangka persiapan Pembelajaran Tatap Muka (TPM), Taruna-taruni siap untuk megikuti Vaksinasi COVID-19.

Mari kita kenali lebih jauh tentang vaksinasi Covid-19 sehingga kita lebih yakin tentang pentingnya melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pencegahan Covid-19

Manfaat Vaksin Covid-19

Vaksinasi merupakan pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan di peroleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisas i(KIPI) yang minimal.

Selain itu, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

Adapun 5 vaksin yang sudah mendapat EUA dari BPOM yakni Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, dan Prizer Setiap jenis vaksin Covid-19 memiliki karakternya masing-masing misalnya saja jumlah dosis dan interval pemberian.

1– Sinovac

Vaksin Covid-19 dari perusahaan China ini merupakan yang paling pertama tersedia di Indonesia. Aman untuk anak-anak khususnya usia 12 sampai 18 tahun.

2– AstraZeneca

Vaksin Covid-19 AstraZeneca ini memiliki platform berupa viral vector (non replicating), dan diberikan dalam dua dosis.
ampuh melawan virus Corona varian Delta dan Kappa.

3– Sinopharm

Vaksin Covid-19 Sinopharm juga telah mendapatkan izin penggunaan darurat untuk dipakai di Indonesia. dapat digunakan pada populasi usia 18 tahun ke atas.

4– Moderna

Vaksin Covid-19 Moderna adalah vaksin berbasis messenger RNA (mRNA) yang pertama kali dipakai di Indonesia. Moderna akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ke-3 (booster).

5– Pfizer

Vaksin Covid-19 Pfizer adalah vaksin berbasis RNA (RNA) dan paling banyak dipakai di AS serta Eropa. Efektivitas vaksin Covid-19 Pfizer dinilai sangat tinggi sehingga sempat amat diminati oleh berbagai negara di dunia.
Vaksin Covid-19 Pfizer ini diberikan dalam dosis yang lebih kecil, hanya 0,3 ml dalam satu kali vaksinasi.

Vaksinasi COVID-19 Aman digunakan, yang terpentin saat Anda mau di vaksinasi ceritakan secara jujur riwayat penyakit atau gejala yang dirasakan saat itu. Agar tenaga kesehatan dapat mengantisipasi keadaan setelah di vaksinasi.

Ayo dukung gerrakan Vaksinasi Pemerintah, melawan COVID-19

Salam

Resimen Taruna SMK Penerbangan Bakti Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.