Sistem Pendidikan SMK Penerbangan Bakti Nusantara

SMK Penerbangan Bakti Nusantara (SPBN) berlokasi di Tambun Kabupaten Bekasi, dengan mengadaptasi pendidikan semi-militer di lingkuangan Pendidikan.

SMK Penerbangan Bakti Nusantara (SPBN) mendidik taruna-taruni dididik untuk menjadi insan yang berkarakter. Sinergi tiap elemen sekolah seperti Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Piket, Guru BK serta Instruktur dari TNI-AU terus kami jalin hingga saat ini sebagai nilai tambah kami.

Dengan harapan taruna-taruni yang telah lulus memiliki kedisiplinan, kejujuran, kemandirian, tanggung jawab dan kepemimpinan sebagai nilai tambah yang tertanam dalam jiwanya. Adanya nilai tambah tersebut secara tidak langsung menjadi jalan untuk alumni kami ketika terjun dimasyarakat dan dapat diserap oleh dunia industry.

Beberapa program yang kami lakukan guna mencapai tujuan ini :

1.  Pengenalan Pendidikan Karakter

Program ini kami laksanakan pada masa penerimaan calon taruna-taruni (peserta didik) baru. Ketika taruna-taruni baru masuk, mereka akan dibekali dengan program pengembangan diri (character building). Program ini merupakan bagian dari orientasi awal taruna-taruni. Diawali dengan pengenalan lingkungan sekolah, lalu bakti sosial, dan ditutup dengan bimbingan mental (BINTAL).

Hasil yang kami inginkan nantinya taruna-taruni dapat lebih berbakti kepada orang tuanya, paham bahwa tugas dan tanggung jawab utamanya adalah belajar serta dapat menumbuhkan rasa peduli antar sesame pada pribadinya.

Kegiatan ini merupakan langkah awal taruna-taruni SPBN Tambun dalam mengarungi pendidikan di SMK Penerbangan Bakti Nusantara. Guna memumpuk hal yang sudah kami tanamkan ini, selanjutnya akan diberikan program lanjutan sehingga meningkat.

2. Pendidikan Rohani

Program rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Setelah selesai melaksanakan apel pagi, taruna-taruni diarahkan untuk melaksanakan shalat dhuha, selanjutnya taruna-taruni akan melaksanakan kegiatan berikut:

  • Membaca Al-Quran yang dibimbing oleh beberapa orang guru SMK Penerbangan Bakti Nusantara. Agar efektif, taruna-taruni akan dikelompokkan menjadi beberapa grup sesuai dengan tingkat kelancaran membaca Al-Quran dan didampingi oleh beberapa guru untuk memantau perkembangan taruna-taruni SPBN setiap pekannya.
  • Mendengarkan tausyiah yang diberikan oleh guru. Tugas dari taruna-taruni menyimak dan mendengarkan tausyiah tersebut, selanjutnya taruna-taruni diminta berdiskusi diakhir sesi.
  • Tiap-tiap kelas mendelegasikan salah satu anggotanya untuk melakukan tausyiah. Kegiatan ini bertujuan untuk menimbulkan kepercayaan diri taruna-taruni.

Ketiga program diatas dilaksanakan secara bergantian dalam periode tertentu. Artinya ketiga program tersebut tidak berjalan secara paralel dalam hari yang sama. Tujuannya untuk memberikan variasi kepada taruna-taruni agar mereka selalu antusias mengikuti program ini.

3. Pendidikan Karakter Berkelanjutan

Guna memupuk nilai-nilai yang sudah kami tanamkan pada saat orientasi taruna-taruni baru, pendidikan karakter berkelanjutan perlu dilaksanakan. Setiap taruna-taruni di SMK Penerbangan Bakti Nusantara mendapat perhatian khusus dari para guru yang berkompeten dibidangnya. Agar dapat fokus memantau perkembangan taruna-taruni SPBN (peserta didik), SMK Penerbangan Bakti Nusantara mengoptimalkan dengan menampung 32 orang taruna-taruni pada setiap kelasnya. Perbandingan guru dan siswa saat ini adalah 1:6  sehingga guru fokus untuk mendidik siswa.

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, SMK Penerbangan Bakti Nusantara bersinergi dengan seluruh elemen sekolah untuk mendidik taruna-taruni SPBN Tambun. Sinergi ini salah satunya kami wujudkan dengan bentuk pada sistem izin sekolah. Setiap paginya diadakannya apel apagi dengan tujuan untuk mengecek kehadiran taruna-taruni, bagi taruna-taruni SPBN Tambun yang tidak hadir di sekolah dengan keterangan sakit, izin, maupun terlambat dapat terkontrol. Mekanisme taruna-taruni SPBN yang sakit atau izin ditunjukkan dengan gambar berikut:

Bila taruna-taruni SPBN Tambun terkontrol, dapat menghindakan dari kenakalan remaja seperti kebiasaan membolos yang berujung tawuran. Mengatasia masalah ketidak hadiran taruna-taruni SPBN, kami akan menghubungi orang tua maupun wali dari taruna-taruni SPBN Tambun yang bersangkutan apakah keterangan ketidak hadiran yang kami terima, benar apa adanya. Dengan menghubungi orang tua maupun wali taruna-taruni yang bersangkutan, kami mendapatkan kejelasan yang sebenarnya. Bila keterangan yang kami dapatkan sama, maka kami memakluminya, dan jika informasi yang kami dapatkan tidak sama dengan kabar yang kami konformasi, maka kami akan menindak lanjutinya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Tertarik dengan sistem pendidikan kami? Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi tim marketing kami di 021 895 22750 | 0812 9142 2765

SMK Penerbangan Bakti Nusantara menuntut setiap taruna-taruni untuk berpenampilan rapi, disiplin dan sopan santun terhadap orang yang lebih tua. Contoh yang kami terapkan pada saat taruna-taruni SPBN memasuki ruang guru, ruang kepala sekolah diwajibkan untuk berpakaian rapi dan meminta izin terlebih dahulu serta menyampaikan keperluannya. Bila mendapatkan izin oleh guru yang berada di dalam ruangan, barulah taruna-taruni SPBN yang bersangkutan diperbolehkan masuk. Izin masuk ruangan kami terapkan, sebagai identitas di sekolah semi militer.

Jika Anda tertarik sama sistem yang kami terapkan, mari gabung menjadi bagian dari SMK Penerbangan Bakti Nusantara Tambun Bekasi. Anda dapat menghubungi Tim Kami yang siap membantu Anda.

DOWNLOAD BROSUR

Oleh: Al Kautsar Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published.