Mengenal SMK Penerbangan dan Profesi Setelah Lulus

Buat Anda yang ingin bersekolah di SMK Penerbangan, kadang pernah bertanya-tanya “SMK Penerbangan itu apa?”, “Lulusan nanti bisa kemana aja dan berprofesi sebagai apa?” Pertanyaan seperti di atas terkadang terbesit dipikiran Anda.

image by pixabay.com

Nah pada artikel ini kami akan membahasnya, biar Anda lebih mengenal SMK Penerbangan lebih dekat lagi serta profesi setelah lulus nanti. Penasaran… Mari kita bahas.

SMK Penerbangan merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang mengkhususkan Keahlian pada Bidang Teknologi Penerbangan. Keahliah Kompetensi (jurusan) Teknologi Penerbangan yaitu : Airframe & Powerplant, Electrical Avionics, Teknik Tranmisi & Telekomunikasi (Penerbangan) serta Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (Bandara).

SMK Penerbangan sudah berdiri dibeberapa kota di Indonesia dari Aceh hingga Papua, salah satunya SMK Penerbangan Bakti Nusantara yang berlokasi di Tambun, Kabupaten Bekasi – Provinsi Jawa Barat yang sudah berdiri tahun 2011 dan memiliki lulusan.

Setelah lulus dari SMK Penerbangan bisa kemana aja, Anda bisa menentukan langkah selanjutnya. Pilihan untuk Anda yaitu Kuliah atau Kerja, tenang saja Anda bisa memilih keduanya asalkan bisa menjalaninya dengan semangat.

Bagi Anda yang ingin kuliah melanjutkan ke Pendidikan Tinggi seperti Akademi maupun Universitas. Pilihan jurusan dan Universitas Anda bisa menyesuaikan dengan cita-cita yang ingin Anda capai. Saat ini sudah banyak Akademi, Universitas yang mempunyai jurusan Kedirgantaraan, dari Negeri hingga Swasta.

Anda ingin kerja, bisa saja. Sekolah Menegah Kejuruan, bertujuan menyiapkan peserta didik untuk bekerja dan mampu bersaing dalam proses pekerjaannya kedepan. Tetapi hal tersebut perlu didukung dengan  keterampilan lainnya yang memiliki pengakuan dan tersertifikasi.

Perlu kita sama-sama ketahui, kesuksesan itu tidak ada yang instan. Semua butuh waktu, proses, ikhtiar, kegigihan dan kedisiplinan tinggi. Begitu juga dengan profesi pada dunia penerbangan menutut kedisiplinan yang tinggi, pasalnya kesalahan sekecil apapaun di dunia penerbangan akan berdampak besar yang berakibat fatal hingga bisa mengakibatkan accident.

Sebagai contoh yang bisa kita ambil pelajaran dari disiplin, sebagai berikut: Bila Anda mengendarai mobil, saat berangkat Anda tidak melakukan pengecekan mobil terlebih dahulu, kemudian ditengah jalan mobil mengalami kerusakan, Anda dapat dengan mudahnya memingirkan kendara kemudian Anda berusaha mencari bengkel terdekat untuk memperbaiki mobil. Coba bayangkan, bila terjadi pada pesawat saat terbang mengalami masalah (trouble) harus diatasi dengan waktu yang singkat, karena di udara pesawat tidak dapat berhenti atau parkir sejenak. Resiko terbesarnya adalah total loss. Dapat disimpulkan bahwa disiplin merupakan dasar untuk kita dapat berkecimpung pada semua profesi termasuk pada dunia penerbangan.

Dalam dunia penerbangan setiap individu nantinya diwajibkan untuk mengetahui tentang human factor, human error dan prinsip dirty dozen. Kecelakaan pada pesawat sebagian besar didominasi oleh kesalahan manusianya ketimbang kesalahan mesin.

Profesi pada dunia penerbangan yaitu :

1. PILOT (PENERBANG)

Image by Pixabay.com

Lulusan dari SMK Penerbangan, membutuhkan proses lagi untuk berkarir menjadi seorang Pilot dengan melanjutkan ke Akademi (Sekolah) Penerbang. Karena kurikulum yang di SMK Penerbangan seluruh Indonesia mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang teknisi. Bila taruna-taruni memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pilot, Anda perlu mempersiapkan diri untuk lanjut Sekolah Penerbang setelah menyelesaikan studi di SMK Penerbangan. Syarat untuk menjadi seorang pilot yaitu :

a. FISIK

Sehat jasmani serta rohani, tinggi minimal 160 cm. Rangkaian tes kesemaptaan serta kesehatan yang dilakukan nantinya saat proses masuk ke sekolah penerbang.

b. OTAK

Kemampuan berpikir cepat, memiliki wawasan luas, kemampauan akademis, ketangkasan, penguasaan bahasa. Syarat ini sangat dibutuhkan menjadi seorang penerbang. Serangkaian tes seperti Psikotes, Akademik, Aptitude serta Bahasa Inggris harus dilalui dengan hasil yang memuaskan.

c. DANA

Sekolah penerbang membutuhkan dana yang sangat besar, dana tersebut lebih besar dari sekolah kedokteran. Setidaknya kita perlu menyiapkan uang 500 Juta sampai 1 Miliar agar dapat masuk ke sekolah pilot swasta. Namun Anda jangan berkecil hati, karena ada Sekolah Penerbang milik pemerintah seperti Akademi Penerbang Indonesia di Banyuwangi, biasanya tersedia subsidi dari Kementerian Perhubungan sehingga biaya  tidak sebesar sekolah pilot swasta. Jadi kami sarankan Anda mulai menabung untuk meraih cita-cita menjadi seorang penerbang (pilot).

Bila Anda sudah kenal sama SMK Penerbangan, mari gabung menjadi bagian SMK Penerbangan Bankti Nusantara, Tambun Bekasi – Jawa Barat.

Nah apa profesi selanjutnya ? Tunggu saja di artikel selanjutnya, kami akan kupas tuntas untuk Anda. Pantengin aja Media Sosial dan Webiste kami..

Oleh: Al Kautsar Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *